25
Jan
10

SAMBUTAN BUPATI PADA KONFERENSI CABANG PARTAI DEMOKRASI INDONESIA PERJUANGAN KABUPATEN PONOROGO TAHUN 2010

SAMBUTAN BUPATI
PADA KONFERENSI CABANG
PARTAI DEMOKRASI INDONESIA PERJUANGAN KABUPATEN PONOROGO
TAHUN 2010
SENIN 18 JANUARI 2010

ASSALAMU’ALAIKUM WR. WB.
YTH. SDR. KETUA KPUD KAB.PONOROGO
YTH. SDR. KETUA PANWASLU KAB.PONOROGO
YTH. SDR.- KETUA DPD PDIP PROVINSI JAWA TIMUR;
YTH. SRD.KETUA DAN PENGURUS DPC PDIP KABUPATEN PONOROGO YANG AKAN HABIS MASA JEBATANNYA ;
YTH. SDR PESERTA KONFERENSI CABANG PARTAI DEMOKRASI PERJUANGAN KABUPATEN PONOROGO DAN HADLIRIN YANG BERBAHAGIA
DENGAN SENANTIASA MEMANJATKAN PUJA DAN PUJI SYUKUR KEHADIRAT ALLAH SWT. YANG TELAH MEMBERIKAN KEKUATAN IMAN, DAN KESEHATAN KEPADA KITA, SEHINGGA DI PAGI YANG PENUH DENGAN LIMPAHAN RAHMAT INI KITA MASIH BERKESEMPATAN HADIR DALAM RANGKA KONFERENSI CABANG PARTAI DEMOKRASI INDONESIA PERJUANGAN KABUPATEN PONOROGO TAHUN 2010 DALAM KEADAAN SEHAT WAL AFIAT.
HADIRIN UNDANGAN DAN PARA PESERTA SOSIALISASI YANG BERBAHAGIA
PELAKSANAAN KONFERENSI CABANG SEPERTI PADA HARI INI MERUPAKAN SALAH SATU BENTUK DARI WUJUD DEMOKRASI DIDALAM INTERNAL PARTAI. MELALUI KONFERENSI AKAN DICAPAI KONSENSUS-KONSESUS DI DALAM INTERNAL PARTAI, KEBIJAKAN-KEBIJAKAN STRATEGIS PARTAI, DAN LANGKAH-LANGKAH KEBIJAKAN LAINNYA.
PARTAI POLITIK MERUPAKAN SEBUAH SRUKTUR POLITIK MEMPUNYAI FUNGSI DAN PERAN YANG BESAR DALAM PERJALANAN BANGSA DAN DAERAH INI. SEBAGAI SEBUAH STRUKTUR MAKA PARTAI POLITIK MEMPUNYAI BEBERAPA FUNGSI YANG DIEMBAN SEPERTI ; MELAKUKAN PENDIDIKAN POLITIK (POLITIK EDUCATION), MEMPERTEMUKAN KEPENTINGAN ( INTEREST ARTICULATION), MELAKUKAN AGREGASI KEPENTINGAN (INTERSEST AGREGATION), SELEKSI KEPEMIMPINAN (POLITICAL SELECTION) DAN KOMUNIKASI POLITIK (POLITICAL COMUNICATION).
PENDIDIKAN POLITIK ADALAH MERUPAKAN UPAYA UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHU AN POLITIK MASYARAKAT SEHINGGA DAPAT BERPARTISIPASI SECARA MAKSIMAL DALAM SISTEN POLITIK DI NEGARA DAN DAERAH PONOROGO YANG KITA CINTAI INI, DIMANA PADA SAAT INI MENGANUT PAHAM KEDAULATAN RAKYAT ATAU DEMOKRASI. PROSES PENDIDIKAN POLITIK HARUS DI LAKSANAKAN SECARA MERATA TERHADAP SELURUH LAPISAN MASYARAKAT BAIK SECARA VERTICAL MAUPUN SECARA HORIZONTAL. SEHINGGA DIHARAPKAN PENGETAHUAN POLITIK BUKAN LAGI MENJADI MONOPOLI SEGELINTIR ORANG SAJA.
MEMPERTEMUKAN KEPENTINGAN (INTEREST ARTICULATION) MERUPAKAN UPAYA UNTUK MEMPERTEMUKAN BERBAGAI MACAM PANDANGAN, PENDAPAT DAN KEPENTINGAN YANG BERANEKA RAGAM DAN SECARA NYATA ADA DIDALAM MASYARAKAT. PERBEDAAN PENDAPAT DAN KEPENTINGAN DAPAT MENJELMA MENJADI KOMPETISI, KETEGANGAN, PERSAINGAN DAN KONFLIK. OLEH KARENA ITU PARTAI POLITIK HARUS DAPAT MENG AKOMODIR DAN ATAU MELAKUKAN ADAPTASI SEHINGGA PERBEDAAN CARA PANDANG DAN KEPENTINGAN TADI DAPAT MENJELMA MENJADI SEBUAH KERJA SAMA YANG HARMONIS.
SETELAH PERBEDAAN PENDAPAT DAN KEPENTINGAN TADI DAPAT DI AKOMODIR MAKA PARTAI POLITIK MEMPUNYAI KEWAJIBAN UNTUK MENYALURKAN SEGALA HASRAT DAN ASPIRASI MASYARAKAT ( INTEREST AGREGATION) UNTUK DIJADIKAN PERHATIAN DAN MENJADI KEPUTUSAN POLITIK OLEH PEMERINTAH YANG SEDANG MENDAPAT MANDATE ATAU OTORITAS. SALAH SATU FUNGSI YANG LAIN ADALAH MELAKUKAN SELEKSI KEPEMIMPINAN (POLITICAL SELECTION) BAIK PIMPINAN INTERNAL PARTAI ITU SENDIRI ATAUPUN PIMPINAN POLITIK PEMERINTAHAN BAIK DI PUSAT MAUPUN DIDAERAH. PROSES SELEKSI CALON KEPEMIMPINAN BAIK INTERNAL PARTAI MAUPUN PIMPINAN PEMERINTAHAN HARUS DILAKUKAN SECARA TERENCANA DAN TERATUR SESUAI DENGAN KAIDAH NORMA HUKUM DAN PERATURAN YANG BERLAKU. MELALUI PROSES INI DIHARAPKAN AKAN MUNCUL PIMPINAN TERPILIH BAIK INTERNAL PARTAI MAUPUN PIMPINAN PEMERINTAHAN, SESEORANG YANG MEMPUNYAI KAPABILITAS DAN MENDAPAT DUKUNGAN YANG KUAT DARI BASIS MASA ATAU MASYARAKAT.SEDANGKAN FUNGSI YANG TERAKHIR ADALAH KOMUNIKASI POLITIK (POLITIK COMUNICATION) GUNA MENGHUBUNGKAN PEMIKIRAN POLITIK YANG ADA DI MASYARAKAT DENGAN PEMERINTAH ATAU PEMERINTAH DAERAH. MELALUI KOMUNIKASI POLITIK MAKA PIKIRAN-PIKIRAN POLITIK YANG BERKEMBANG DI MASYARAKAT DAPAT DIPAHAMI DAN DIKETAHUI OLEH PEMERINTAH/ PEMERINTAH DAERAH. DEMIKIAN PULA SEBALIKNYA. GAMBARAN FUNGSI PARTAI POLITIK DIATAS MERUPAKAN GAMBARAN SEDERHANA UNTUK MELIHAT KEBERHASILAN SUATU PARTAI DALAM MENJALANKAN FUNGSINYA.
PESERTA KONFERCAB, HADIRIN DAN UNDANGAN YANG BERBAHAGIA.
PADA KESEMPATAN INI SAYA ATAS NAMA PEMERINTAH KABUPATEN PONOROGO MENGAJAK SELURUH ELEMEN PARTAI DEMOKRASI INDONESIA PERJUANGAN (PDI-P) UNTUK SECARA BERSAMA-SAMA DENGAN PEMERINTAH KABUPATEN PONOROGO DAN STAKE HOLDER LAINNYA, MEWUJUDKAN MASYARAKAT PONOROGO YANG BERKUALITAS, MAJU, MANDIRI DAN SEJAHTERA.
PESERTA KONFERCAB, HADIRIN DAN UNDANGAN YANG BERBAHAGIA.
SEBELUM MENGAKHIRI SAMBUTAN INI SAYA INGIN MENYAMPAIKAN CUPLIKAN KATA-KATA SEORANG POLITIKUS ULUNG YANG MENYATAKAN BAHWA : BAIK ATAU BURUK ADALAH DAERAH KU DAN SEBUAH SEMBOYAN YANG MENYATAKAN BAHWA JANGAN KAU TANYA APA YANG TELAH DIBERIKAN OLEH NEGARA DAN DAERAH INI KEPADAMU, TETAPI TANYAKAN APA YANG TELAH ENGKAU BERIKAN TERHADAP NEGARA DAN DAERAH INI.
AKHIRNYA DENGAN MENGUCAPKAN ALHAMDULILAHI ROBBIL ALAMIN SELAMAT DAN SUKSES ATAS TERSELENGGARANYA KONFERENSI CABANG PARTAI DEMOKRASI INDONESIA PERJUANGAN KABUPATEN PONOROGO, SEMOGA KITA SEMUA MENDAPAT LIMPAHAN RAHMAT DAN SELALU DIBUKAKAN PINTU HATI DAN KEIMANAN OLEH ALLAH SANG PENGUASA SEMESTA.

BILLAHI TAUFIQ WALHIDAYA, WAL RIDHO WAL INAYAH
WASALAAMU ALAIKUM WR. WB.

BUPATI PONOROGO

H.MUHADI SUYONO,SH,M.Si


0 Responses to “SAMBUTAN BUPATI PADA KONFERENSI CABANG PARTAI DEMOKRASI INDONESIA PERJUANGAN KABUPATEN PONOROGO TAHUN 2010”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: